The Use of Text-To-Speech Software in Natural Reader Application to Improve Students' Pronunciation (A Pre-Experimental Research at Grade 9B of SMP PGRI 1 Ajibarang in the Academic Year of 2023/ 2024)
Abstract
Banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar berbicara dengan pengucapan yang benar. Salah satu masalahnya adalah siswa kurang percaya diri dan kurang pengetahuan tentang keterampilan pengucapan. Guru harus memikirkan teknik yang tepat untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan pengucapan mereka. Aplikasi Natural Readers digunakan untuk mengatasi masalah ini, tetapi beberapa siswa masih mengalami kesulitan ketika menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengucapan siswa menggunakan Aplikasi Natural Reader. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 23 sampel siswa dari SMP PGRI 1 Ajibarang. Instrumen penelitian ini adalah pre-test yang terdiri dari 11 kata untuk diucapkan dan post-test yang terdiri dari 10 kata untuk diucapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan pengucapan siswa setelah menggunakan Aplikasi Natural Reader meningkat hingga 11,3% dari rata-rata skor pre-test 36,2 menjadi rata-rata skor pasca-tes 77,3. Selain itu, hasil nilai signifikansi adalah 0,002 < 0,05, yang berarti bahwa keterampilan pengucapan siswa menggunakan Aplikasi Natural Reader meningkat secara signifikan. Dengan begitu , dapat dikatakan bahwa Hipotesis Alternatif diterima dan Hipotesis Nol ditolak. Penggunaan Aplikasi Natural Reader untuk keterampilan pengucapan siswa cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penggunaan Aplikasi Natural Reader meningkatkan keterampilan pengucapan siswa di Kelas 9 SMP PGRI 1 Ajibarang dan penggunaan Aplikasi Natural Reader cukup efektif untuk keterampilan pengucapan siswa di Kelas 9 SMP PGRI 1 Ajibarang. Peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan Aplikasi Natural Reader dalam proses pembelajaran, terutama dalam keterampilan pengucapan. Peneliti juga menyarankan agar siswa lebih banyak berlatih keterampilan pengucapan untuk meningkatkan kemampuan mereka.
References
Ahmadi, D. M. R. (2018). The use of technology in English language learning: A literature review. International journal of research in English education, 3(2), 115-125.
Ambalegin, A., & Arianto, T. (2018). English vowels and consonants mispronunciation of the seventh president of Republic of Indonesia in his official English speeches and its influencing factors. LANGUAGE LITERACY: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching, 2(2), 113-128.
Collins, J., Hammond, M., & Wellington, J. (2002). Teaching and learning with multimedia. Routledge.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.
Papangkorn, P. (2015). SSRUIC students’ attitude and preference toward error corrections. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197, 1841-1846.
Polly, D. (Ed.). (2012). Developing Technology-Rich Teacher Education Programs: Key Issues: Key Issues. IGI Global.
Priyatno, D. (2016). Belajar alat analisis data dan cara pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Rabiah, S. (2018). Language as a Tool for Communication and Cultural Reality Discloser. 10.31227/osf.io/nw94m.
Shyamlee, S. D., & Phil, M. (2012, June). Use of technology in English language teaching and learning: An analysis. In International Conference on Language, Medias and Culture (Vol. 33, No. 1, pp. 150-156).
Utami, I. A., & Lintangsari, A. P. (2021). English Phonology For Language Learners: Exploring Learners’ Preferences. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 4(2), 247-255.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.