Analisis Pemanfaatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi Digital terhadap Gaya Belajar Peserta Didik di SD Negeri 101764 Bandar Klippa
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pengimplementasian pembelajaran berdifensiasi di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat pembelajaran berdiferensiasi berbasis teknologi digital terhadap gaya belajar peserta didik serta mengetahui gaya belajar peserta didik kelas 5 di SD Negeri 101764 Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan termasuk penelitian deskriptif dengan studi lapangan. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian peserta didik kelas 5 yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada peserta didik dapat diketahui bahwa gaya belajar peserta didik kelas 5 SD Negeri 101764 Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan beragam. Hal tersebut dibuktikan dari hasil angket peserta didik yang menunjukkan bahwa sebanyak 43% merupakan gaya belajar visual, 30% merupakan gaya belajar auditori, 27% merupakan gaya belajar kinestetik. 2) Hasil analisis pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan di SD Negeri 101764 Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan pada proses pembelajarannya setelah memanfaatkan media berbasis teknologi sesuai gaya belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menjadi dasar guru untuk mengasah kemampuan agar lebih maksimal dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis teknologi digital. Di sisi lain, pembelajaran yang dilakukan dapat lebih efektif dan efisien. Selain itu, penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis teknologi digital dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sesuai dengan gaya belajarnya.
References
Ekaningtiass, P., Fitriani, H., Nurudin, M. N., & Akhodiyah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi pada Materi Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII SMP. Journal on Education, 6(1), 841–847. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3000
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Indonesia, P. R. (2014). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Kemendikbud.
Juhji Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (2016). Guru, Mendidik, Mengajar, Nilai, Pembentukan Krpibadian, Panutan. STUDIA DIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73/75
Kähler, J., Gerth, S., Schäfer, P., Boersma, E., Köster, R., Terres, W., Simoons, M. L., Berger, J., Meinertz, T., & Hamm, C. W. (2001). Antibodies to chlamydial lipopolysaccharides in unstable angina pectoris. American Journal of Cardiology, 87(10), 1150–1153. https://doi.org/10.1016/S0002-9149(01)01484-9
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mujiatun, S., & Handayani, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Berbantuan Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. 1(2).
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180.
Putri Diah. (2019). Elementa: jurnal prodi pgsd stkip pgri banjarmasin. 1(1), 48–60. https://doi.org/10.33654/pgsd
Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Savitri, K. P. B., & Manuaba, I. B. S. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V. 4, 344–354.
Sugiyono (Ed.). (2019). metode penelitian kuantitatif dan kuantitatif dan R & D (cetakan ke). Alfabeta, CV.
Sundara, K., Hafsah, H., & Nasar, M. A. (2020). Pengaruh Negatif Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 1 Narmada. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 84. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2885
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.