Pembelajaran Keterampilan Berbicara Mahasiswa
Abstract
Keterampilan berbicara dalam kemampuan berbahasa Indonesia merupakan suatu keterampilan bahasa yang perlu dikuasai dengan baik karena dengan sejalannya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia harus memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Mahasiswa prodi pendidikan bahasa Indonesia sebaiknya memiliki kemampuan berbicara yang baik karena berbicara salah satu pokok bahasan terdapat pada satu atau dua mata kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara mahasiswa. Sumber data diambil dari mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan mahasiswa dan observasi kegiatan pembelajaran di kelas. Teknik pengelolaan data yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dilihat dari aspek kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan berbicara mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Indonesia cukup rendah karena terdapat beberapa kesalahan yang ditemukan, seperti pada kosakata, kalimat yang terlalu bertele-tele, pengucapan yang tergesa-gesa, serta masih menggunakan kata yang tidak baku. Kesalahan yang dialami mahasiswa disebabkan oleh kurang percaya diri serta kurangnya pengetahuan dari literasi yang didapatkan.
References
Hidayati , N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill Untuk Meningkatkan Kemmapuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIR PGRI Bojonegoro. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(2), 463.
Hidayati, N. A., & Darmuki , A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemmapuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio, 7(1), 253-254.
Lestari, N. D. (2020). Problematika Keterampilan berbicara Bagi Pebelajar Multibahasa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 7-8.
Nursaptini. (2021). Observasi Keterampilan Bertanya Mahasiswa Melalui Implementasi Student Questioning Card (SQC). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(2), 84.
Oktaviana, D., Adiarti, D., & Kariadi, M. T. (2021). Kreatifitas Guru dalam Pengajaran Berbicara Secara daring Selama Pandemi Covid-19. Prawara: Jurnal Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 80.
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Ssiswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 113.
Prihapsari, I., Suryanto, E., & Setiawan, B. (2018). Karakteristik dan Faktor Pemengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia Logat Papua di Kabupaten Nabire . Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembalajaran berbasis Masalah Siswa Sekolah dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda, 2(1), 28.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.