Kebutuhan Pengembangan Flipbook Modul Interaktif Membaca Teks Eksplanasi dengan Model Direct Reading Thinking Activity pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Annisa Rahma Anggraeni Universitas Jenderal Soedirman
  • Memet Sudaryanto Universitas Jenderal Soedirman
  • Etin Pujihastuti Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: kebutuhan, flipbook, guru, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kebutuhan terhadap sumber belajar flipbook modul interaktif membaca teks eksplanasi dengan model pembelajaran DRTA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan mixed method. Data diperoleh melalui instrumen angket yang diberikan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa SMP yang bersekolah dengan fasilitas mendukung dalam pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Guru sebagai sampel dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang dan siswa terdiri dari 35 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan menarik simpulan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang didasarkan pada aspek penilaian kelayakan buku nasional yang terbagi menjadi empat aspek, yaitu aspek materi, penyajian, desain, dan grafik. Pendekatan yang digunakan dalam reduksi data adalah pendekatan kuantitatif, yaitu dengan menghitung rata-rata kumulatif kemudian disajikan berdasarkan tabel rentang skala. Rata-rata kumulatif pada angket analisis kebutuhan guru memperoleh skor sebesar 4.25. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru sangat membutuhkan  sumber belajar berupa modul interaktif pada materi teks eksplanasi dengan model pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA). Rata-rata kumulatif pada angket analisis kebutuhan siswa memperoleh skor sebesar 4.35. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan sumber belajar tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber belajar interaktif berbasis multimedia pada materi membaca teks eksplanasi yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran DTA untuk mendukung kemampuan membaca pemahaman sangat dibutuhkan guna meningkatkan pemahaman dan antusiasme siswa.

References

Abdilah, M. F. (2021). Pembelajaran Menganalisis Ketepatan Penggunaan Unsur Kebahasaan Teks Resensi dengan Menggunakan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Yaspif Cibuaya Tahun Pelajaran 2020/2021 . Skripsi.
Carlina, Septyanti, E., Mustika, T. P., & Fitriyanti. (2022). Analisis Kebutuhan Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Modul Elektronik Menulis Teks Iklan Berbasis Flip Book. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 204-211.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.
Kusmiani, A., & Rahayu, K. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Masyarakat 5.0 di SDN Palimana Barat. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, (pp. 380-385). Cirebon.
Munika, S. (2015). Keefektifan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas VII SMP Unggulan Aisyiyah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi.
Oetari, Y. (2021). Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Jombang . Skripsi.
Pristiwanti, D., Badriah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911-7915.
Rahayu, K. N. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 87-100.
Riski. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Warming Up for Reading (WFR) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Skripsi.
Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2020). Kelayakan Flipbook Digital Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidika dan Pembelajaran, 1-11.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.
Wulandari, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker pada Pelajaran Fiqh Peserta Didik Kelas IV . Skripsi.
Published
2024-02-11