Implementasi Pendidikan Karakter pada Kelompok Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Maos
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu upaya untuk membantu perkembangan psikis anak dan sifat nya menuju lebih baik lagi, pendidikan karakter miliki makna yang lebih penting dari pendidikan formal, karena dalam pendidikan karakter tidak hanya benar atau salah melainkan bagaimana cara menanamkan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari hari. Dilihat dari tujuan mengenai pendidikan karakter sangat penting pada saat ini untuk perkembangan generasi muda, karena suatu bangsa bisa dilihat berhasil dilihat dari generasi muda, sebagai penerus bangsa diharapkan generasi muda dapat menjadi teladan baik maupun dari tingkah lakunya. Menurut pendapat dari saya generasi muda bukan hanya pintar secara intlektual melainkan juga harus pintar dan cerdas secara moral maupun tindak perilaku. Seharunya penanam Pendidikan karakter sudah sejak dini bukan hanya generasi muda saja yang harus ditanamkan pendidika karakter melainkan untuk seluruh bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan menjelaskan secara terperinci mengenai implementasi pendidikan karakter yang ada di SMA N 1 Maos terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami objek yang di alami subjek penelitian. Pendekatan ini dipilih untuk mengukur tentang pelaksanaan pendidikan karakter khusunya pada mata pelajaran di SMA1 Maos. Teknik yang digunakan yaitu menggunakan dalam memperoleh data yaitu dengan teknik observasi dan wawancara, dalam teknik observasi da wawancara dilakukan dengan cara melakukan penelitian ke SMA N 1 Maos khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia, untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan yang ada di SMA 1 Maos.
References
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: Alfabeta, 2(1).
Mulyani, E. (2011). Model pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).
Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36–49.
Tyas, E. H. (2016). Pendidikan Karakter Dan Pendidik Yang Berkarakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 43–51.
Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. Qathrunâ, 7(1), 61–82.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 19–32.
Wardani, K. (2010). Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI, 8–10
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.