Afeksi Mahasiswa MBKM pada Program Kampus Mengajar
Abstract
Dalam program Kampus Mengajar, afeksi mahasiswa sering kali diabaikan. Salah satu faktornya adalah kurang terciptanya adaptasi dan kerja sama mahasiswa dengan sekolah yang ditempati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan afeksi pada mahasiswa program Kampus Mengajar dapat terpenuhi selama program penugasan berlangsung. Afeksi merupakan sebuah kegiatan ketika mahasiswa dihadapkan pada situasi yang mengandung konflik, sehingga diharapkan dapat mengambil keputusan berdasarkan nilai yang dianggapnya baik. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 dan dua sekolah literasi numerasi yang tergabung dalam program Merdeka Belajar. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan angket dengan jumlah 30 responden. Dari data yang ada, terdapat empat aspek pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu perhatian, rasa hormat, tanggung jawab, dan pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti, pemenuhan kebutuhan afeksi mahasiswa Kampus Mengajar sudah baik dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung. Dengan terpenuhinya kebutuhan afeksi ini dapat membuat interaksi antara mahasiswa dengan guru, teman sesama pengajar, dan peserta didik dapat terjalin dengan baik.
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019
Ety Nur Inah. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Faridah, D. N. (2015). Efektivitas Teknik Modeling Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Hormat Peserta Didik ( Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 05(01), 45–66.
Ginanjar, Eggi G. Bambang Darmawan., S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206–219.
Irawati, R. K., Widyanti, R., Putri, E., & Oetomo, R. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa mbkm pada mata kuliah perencanaan pembelajaran. 30(2), 117–124.
Jailani, M. S. (2013). Kasih sayang dan kelembutan dalam pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 4, 100–109. https://media.neliti.com/media/publications/56476-ID-kasih-sayang-dan-kelembutan-dalam-pendid.pdf
Junaidi, A. (2021). Kurikulum Merdeka: Ide untuk Sekolah-Sekolah Indonesia di Dunia Pasca Pandemi. Universitas Mataram, 2013(November). https://www.researchgate.net/publication/356633564
Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Di Sd Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Sinar Sang Surya ( Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 5(2), 194–204.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Munthe, I. S., & Raharjo, S. T. (2018). Pemenuhan Kebutuhan Afeksi Pada Anak (Peningkatan Kemandirian Dan Kepercayaan Diri Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak - Lksa). Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 119. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18276
Nursyamsiah, D., Dahlan, U. A., & Pandemi, P. (2023). PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PASCA PANDEMI DI SD MUHAMMADIYAH 7 BANDUNG. 14(2), 917–927.
Sulistiawati, Y., Amalia, R., & Rahma, A. (2021). Hubungan kebutuhan afeksi terhadap perilaku cyberbullying pada mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper Mahasiswa, April, 173–178.
Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.