Analisis Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di SDN 104193 Tandam Hilir II

  • Nurhabibah Meha Meha Pendidikan Dasar PPS, Universitas Negeri Medan, Jl William Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan 20221, Indonesia
  • Fajar Solidman Larosa Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Kata kunci: Pembelajaran berdiferensiasi; pembelajaran matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dan faktor keterlaksanaan pembelajaran Matematika menggunakan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV. Penelitian kualitatif ini menggunakan data berupa data deskriptif, seperti tulisan, perkataan guru dan siswa dalam pembelajaran yang dalam penerapannya terdiri dari tiga tahap, dan perilaku yang bisa diamati. Penelitian dilakukan pada semester ganjil 2023 di SDN 104193 Tandam Hilir II. Informan penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Matematika yang dilaksanakan di kelas IV SDN 104193 Tandam Hilir II memberikan dampak yang baik berdiferensiasi konten, proses, dan produk. Selanjutnya, diperoleh faktor keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Matematika kelas IV, yaitu strategi pembelajaran yang efektif dan keterlibatan siswa yang aktif. 

References

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). KurikulumMerdeka: Pemaknaan Merdeka dalamPerencanaan Pembelajaran di SekolahDasar. Jurnal Penelitian DanPengembangan Pendidikan, 6(3),399–407.https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri,M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/ METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022).Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA.
Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma, 7(Maret).
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.
Mufida. (2017). 912-Article Text-1935-1-10-20180219.pdf.
Muspiroh, N. (2016). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–19. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/655
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik.BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3),173–180.
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Sri Yanti, N., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 252–256. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.498
Sugiyono (Ed.). (2019). metode penelitian kuantitatif dan kuantitatif dan R & D (cetakan ke). Alfabeta, CV. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Alfabeta.
Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.
https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 1(3), 241–360.
https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3
Published
2024-02-12