Memproduksi Video Promosi dengan Subtitle Bahasa Inggris untuk CV Sahabat Nusantara Sejahtera Purwokerto

  • Vitaria Andini Universitas Jenderal Soedirman
  • Indriyati Hadiningrum Universitas Jenderal Soedirman
  • Indah Puspitasari Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: biro wisata, objek wisata, promosi, video promosi

Abstract

Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki potensi pariwisata. Salah satu industri jasa pelayanan yang berhubungan dengan pariwisata adalah travel agency. Sebuah travel agency memiliki beberapa strategi untuk mempromosikan jasa pelayanan dan obyek wisata kepada khalayak umum. Salah satu strategi yang digunakan adalah memproduksi video promosi untuk menarik wisatawan agar tertarik melakukan reservasi dan mengunjungi tempat wisata yang ditawarkan. Video promosi digunakan di sana sebagai media promosi. Kajian ini bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata di kabupaten Banyumas serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam promosi di CV Sahabat Nusantara Sejahtera Purwokerto. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati sistem kerja dan pelayanan yang diterapkan. Selanjutnya, wawancara dilakukan untuk mengetahui tentang promosi yang diterapkan dan informasi pariwisata. Dokumentasi dilakukan untuk melengkapi data observasi dan wawancara. Hasil dari makalah ini yaitu menjelaskan proses produksi video promosi pariwisata untuk CV Sahabat Nusantara Sejahtera Purwokerto.

 

 

Banyumas is one of the regencies of Central Java that has tourism potential. One of the service industries related to tourism is a travel agency. A travel agency has several strategies to promote their services and tourist attractions to the public. One of the strategies used is to produce promotional videos to attract tourists to be interested in making reservations and visiting the tourist attractions offered. Promotional videos are used there as a promotion media. This study aimed to promote tourist attractions in Banyumas regency and find out the obstacles faced in promotion at CV Sahabat Nusantara Sejahtera Purwokerto. The methods that were used in this study were observation, interviews, and documentation. Observation carried out to observe the work system and services applied. Furthermore, an interview was conducted to find out the applied promotions and tourism information. Documentation used to complete observation data and interviews. The result of this paper was to explain the production process of tourism promotional videos for CV Sahabat Nusantara Sejahtera Purwokerto.

References

Adhi Suputra Arimbawa PG., I. G., Sasrawan Mananda, I. G. and Sudana, I. P. (2014) ‘STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA PADA PT. PANDAWA LIMA TOUR AND TRAVEL INDONESIA DI DENPASAR’, Jurnal IPTA, 2(2), p. 6.
Amin, M. A. S. and Priansah, P. (2019) ‘Marketing Communication Strategy To Improve Tourism Potential’, Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(4), pp. 160–166. doi: 10.33258/birci.v2i4.575.
Andhika, A. (2019) ‘Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan’, MUTAKALLIMIN: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), pp. 26–30.
Kumar, S. (2016) Travel Agency and Tour Operations Business. The Secretary, Central Board of Secondary Education, Shiksha Kendra, 2, Community Centre.
Lam, P., and Cheung, R. (2009). How travel agency survive in e-business world. Communications of the IBIMA Volume, 10, 85
Manafe, J. ., Setyorini, T. and Alang, Y. A. (2016) ‘PEMASARAN PARIWISATA MELALUI STRATEGI PROMOSI OBJEK WISATA ALAM, SENI DAN BUDAYA (Studi Kasus di Pulau Rote NTT)’, BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 4(1), p. 101. doi: 10.21043/bisnis.v4i1.1687.
Peraturan Pemerintah RI (2009) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2009/10TAHUN2009UU.HTM

Rosianta, E. and Sabri, M. (2018) ‘the Making of Promotional Video of Tourism in Rupat Island’, 3(1), pp. 55–72.
Sulistia Nofentri Utami (2013) RANCANG BANGUN APLIKASI MANAJEMEN DOKUMEN BERBASIS WEB PADA PT. BOMA BISMA INDRA. SURABAYA.
Sunarya, L., Kusumaninggar, R. and Syahputra, A. (2017) ‘Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang’, Eksplora Informatika, 6(2), pp. 106–114. Available at: https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/111/92.
Utami, S. N. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Dokumen Berbasis Web Pada Pt. Boma Bisma Indra. Surabaya.
Published
2023-01-12