Tindak Tutur Direktif Dialog Tokoh Geri dalam Serial Film Kisah Untuk Geri (2021) dan Relevansi terhadap Menganalisis Isi dan Kebahasaan Teks Drama di Kelas XI SMA
Abstract
Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan yang pertama, yaitu untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif pada dialog tokoh Geri dalam serial film Kisah Untuk Geri (2021). Tujuan yang kedua, yaitu untuk mendeskripsikan relevansi tindak tutur direktif pada dialog tokoh Geri dalam serial film Kisah Untuk Geri (2021) terhadap menganalisis isi dan kebahasan teks drama di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah dialog tokoh Geri dalam serial film Kisah Untuk Geri (2021). Data penelitiannya adalah data lisan yang mengandung tindak tutur direktif yang meliputi bentuk tindak tutur direktif dan relevansi tindak tutur direktif dalam pembelajaran. Data diperoleh dengan metode simak dengan teknik simak bebas libat catat yang dilanjutkan dengan teknik transkrip dan catat. Hasil penelitian ini yaitu (1) tindak tutur direktif pada dialog tokoh Geri dalam serial film Kisah Untuk Geri (2021) ditemukan sebanyak 52 tuturan yang terdiri dari lima bentuk tindak tutur direktif, yaitu memerintah, meminta, mengajak, menasihati, mengkritik, dan melarang, (2) relevansi tindak tutur direktif pada dialog tokoh Geri dalam serial film Kisah Untuk Geri (2021) pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI SMA yaitu sebagai materi ajar serta dikaitkan dengan skenario pembelajaran.
This research has two objectives. The first objective was to describe the form of directive speech acts in the dialogues of Geri's character in the Kisah Untuk Geri (2021) film series. The second objective was to describe the relevance of the directive speech acts in the dialogues of Geri's character in the Kisah Untuk Geri (2021) film series on analyzing the content and language of drama texts in class XI Grade High School. This research was a qualitative descriptive study. The source of the data for this research was the dialogue of Geri's character in the Kisah Untuk Geri (2021) film series. The research data were oral data containing directive speech acts which include the form of directive speech acts and the relevance of directive speech acts in learning. The data was obtained by using the listening method with the free-involved note-taking technique followed by the transcription and note-taking technique. The results of this study were (1) directive speech acts in the dialogues of Geri characters in the Kisah Untuk Geri (2021) film series found as many as 52 utterances consisting of five forms of directive speech acts, namely ordering, asking, inviting, advising, criticizing, and prohibiting, (2) the relevance of the directive speech act in the dialogue of Geri's character in the Kisah Untuk Geri (2021) film series in learning Indonesian in XI Grade High School namely as teaching materials and associated with learning scenarios.
References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka.
Aristaningtias, Septia. 2020. “Tindak Tutur Ilokusi Dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Pasar Kejajar Wonosobo serta Relevansi terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA”. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman.
Bambang, Ichsanuddin, Wienike Dinar Pratiwi, Een Nurhasanah. 2021. “Analisis Tindak Tutur Direktif pada Novel Lajang-lajang Pejuang Karya Endik Koeswoyo dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Teks Pidato di SMP”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 No.6.
Bella, Akhra Ravena Riska. 2021. “Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Bumi Manusia Karya Hanung Bramantyo dan Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Kelas XI”. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman.
Chaerisa. 2017. “Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film Ketika Cinta Bertasbih Karya Chaerul Umam”. Skripsi. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Darwis, Agustina. 2019. “Tindak Tutur Direktif Guru di Lingkungan SMP Negeri 19 Palu: Kajian Pragmatik”. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 4 No. 2.
Dioninasari, Apriska Alvio. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif Berita Berbahasa Jawa pada Youtube Channel Jogja Tv serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Pawarta Kelas VIII SMP”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Sebelas Maret.
Fauzia, Vina Shifa, Haryadi, Septina Sulistyaningrum. 2019. “Tindak Tutur Direktif Dalam Sinetron Preman Pensiun di RCTI”. Jurnal Sastra Indonesia. Vol. 8 No. 1.
Ginting, Rio Syah Putra. 2019. “Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film Keluarga Cemara Karya Arswendo Atmowiloto : Kajian Pragmatik”. Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.
Gulo, W. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Grasindo Anggota IKAPI
Haidar, Haviz Noval, Hendra Setiawan, Ferina Meliasanti. 2021. “Analisis Tindak Tutur Ilokusi Direktif Pedagang di Toko Mujur Motor Cibarusah Kota”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 No. 5
Ibrahim, Abdul Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Khalimah, Nur. 2016. “Tindak Tutur Direktif pada Dialog Film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam, Relevansinya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Menyimak dan Berbicara, dan Skenario Pembelajarannya pada Siswa Kelas XI SMA”. Skripsi. Purworejo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Kristanti, Fetri. 2014. “Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film “Ketika Cinta Bertasbih” Karya Chaerul Umam”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
Mey, Jacob L. 1994. Pragmatics: An Introduction. Oxford: Blackwell Publishers.
Moleong, Lexi J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Octapiantama, Herlingga dan Asep Purwo Yudi Utomo. 2021. “Analisis Tindak Tutur Direktif pada Film “Keluarga Cemara” Karya Yandy Laurens”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. No. 2.
Pratama, Pandu Meidian, Anang Santoso, Martutik, 2016, “ Tuturan Memuji Oleh Guru Perempuan dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia” Jurnal Pendidikan. Vol.1. No.7.
Prayitno, Harun Joko. 2011. Kesantunan Sosiopragmatik Studi Pemakaian Tindak Tutur Direktif di Kalangan Andik SD Berbudaya Jawa. Surakarta. Muhammadiyah University Press.
_________________. 2017. Studi Sosiopragmatik. Muhammadiyah University Press.
Riyanton, Muhammad dan Mustasyfa Thabib Kariadi. 2020. “Kajian Pragmatik Tindak Tutur Direktif Ranah Keluarga di Kabupaten Banyumas”. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. Bidang 6. Hlm. 222-235
Saifudin, Ahmad, 2018, “Konteks dalam Studi Linguistik Pragmatik” Lite, Vol.14. No. 2. Hlm.108—117.
Saputri, Ulin Intan dan Laili Etika Rahmawati. 2020. “Analisis Bentuk Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film “Rembulan Tenggelam Di Wajahmu” Karya Tere Liye”. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vol. 3. No. 2.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta. Duta Wacana University Press.
_________. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta. Dita Wacana University Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, dan Istiqomah. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta. Kemendikbud.
Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi, 2011. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta. Yuma Pustaka.
Wulandari, Dewi Retno. 2017. “Tindak Tutur Direktif dalam Film Ernest Et Célestine Karya Daniel Pennac”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.
Yule, George. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.
Zuldafrial. 2012. Penelitian Kualitatif. Surakarta. Yuma Pustaka.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.