Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar dalam Meningkatkan Pengetahuan Kosakata Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Pemula di Unsoed

  • Alya Nurul Ilma Universitas Jenderal Soedirman
  • Uki Hares Yulianti Universitas Jenderal Soedirman
  • M Riyanton Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: bahan ajar, bahasa Indonesia bagi penutur asing, buku saku, kosakata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pemelajar asing. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurang tersedianya variasi bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Bentuk penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data dalam penelitian ini berupa data analisis kebutuhan, data hasil uji validasi, dan data hasil uji coba produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : 1) Pengembangan buku saku sebagai bahan ajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing tingkat pemula. Buku saku telah divalidasi oleh dosen ahli dan telah diuji coba terhadap pemelajar asing di Universitas Jenderal Soedirman. 2) Kevalidan buku saku berdasarkan uji validasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 72,5% atau dalam kategori layak. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa buku saku mendapatkan respon yang baik dari pengajar dan pemelajar asing. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa buku saku yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing tingkat pemula.

 

 

This research aimed to develop teaching materials that are suitable for the needs of foreign students. This research was motivated by the lack of availability of a variety of teaching materials for learning the Indonesian language for foreign speakers. The form of this research was Research and Development (R&D). The data in this study were in the form of needs analysis data, validation test data, and product test results data. Data collection techniques in this study used interviews and questionnaires. The data analysis in this research was used a qualitative descriptive method. The results of this research were as follows: 1) Development of the pocketbook as teaching materials for beginner level of Indonesian language for foreign speakers learning. The pocketbook has been validated by expert lecturers and has been tested on foreign students at Jenderal Soedirman University. 2) The validity of the pocketbook based on the validation test got an average value of 72,5% or in a decent category. The results of the product test showed that the pocketbook got a good response from teachers and foreign students. Based on these results, it can be concluded that the pocketbook developed in this study is suitable for learning the Indonesian Language for Foreign Speakers at the beginner level.

References

Abadi Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Akbar, K. A. (2016). Analisis Implementasi Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Ajibarang. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Amalputra, L. Y. H. (1994). Pengaruh Teknik Penerjemahan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Aspek Kemampuan Verbal. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, FBS UNY.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational research: An introduction. British Journal of Educational Studies, 32(3).
Daryanto, D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fatahillah, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat Pemula (Beginner) di Songserm Wittaya Mulnithi Kuthao Hadyai Thailand.
Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Yogyakarta: DIVA press.
Keraf, G. (1991). Tata bahasa rujukan bahasa Indonesia: untuk tingkat pendidikan menengah. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kholifah, U. (2020). Pengembangan Buku Saku Berbantuan Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Kelas V SDN Sampangan 01 Semarang.
Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik edisi ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lestari, S. K. H. (2018). Pengembangan Buku Saku Materi Teori Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia Sebagai Bahan Ajar Sejarah Siswa SMA. Risalah, 5(2).
Murdianti, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku IPA Materi Gerak Benda Kelas III. Joyful Learning Journal, 6(2), 97–102.
Parera, J. D. (1993). Leksikon istilah pembelajaran bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Setiyaningrum, S., & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305–317.
Siswati, K. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata (Kajian Eksperimental terhadap Siswa Kelas V SD Negeri 4 Krandegan Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Peneliti Pendidikan (7th ed.). Remaja Rosdakarya.
Susetyo, A. M. (2017). Pengembangan Buku Ajar untuk Pemelajar Pemula BIPA pada Keterampilan Berbicara di Universitas Muhammadiyah Jember. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Suwarno, W., & Sandra, M. (2011). Perpustakaan & buku: wacana penulisan & penerbitan. Ar-Ruzz Media (AM).
Trisianawati, E., Djudin, T., & Katihada, T. (2017). Penyediaan bahan bacaan berupa buku saku untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Monterado. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 219–229.
Wahyuningsih, N., & Priyono, K. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Hidrosfer untuk Kesiapsiagaan Bencana Banjir Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sub Bab Hidrosfer siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak, Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Windayani, W., Kasrina, K., & Ansori, I. (2018). Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Hasil Eksplorasi Tanaman Obat Suku. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 51–57.
Yulianti, U. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Hasil Observasi Yang Interaktif Dan Bermuatan Konservasi Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.35303
Zuchdi, D. (2008). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press.
Published
2022-12-18