Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Re: (2014) Karya Maman Suherman
Abstract
Novel adalah salah satu sarana penulis dalam menuangkan ide gagasannya. Novel menjadi salah satu karya sastra yang banyak digunakan untuk menyampaikan ide pengarang karena di dalamnya mencakup tokoh, alur, hingga konflik yang padat namun dapat menyampaikan pesan dengan tidak terburu-buru. Cara pengarang dalam menyampaikan pesan dan isi karya sangat berpengaruh terhadap karakter tokoh yang diciptakan. Pengaruh tersebut menimbulkan gejolak yang membentuk kepribadian dari tokoh ciptaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Re: (2014) karya Maman Suherman dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud yang terdiri dari Id, Ego, dan Superego. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis konten atau analisis isi yang meneliti dengan lebih mendalam isi dari suatu informasi yang ada di dalam suatu buku atau media massa. Informasi dalam penelitian ini adalah objek yang akan diteliti yaitu novel Re: (2014) karya Maman Suherman. Data yang diambil bersumber dari data primer dan sekunder berupa novel Re: (2014) karya Maman Suherman dan data sekunder diperoleh dari studi pustaka dengan menelaah buku, jurnal, dan laporan-laporan penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya struktur kepribadian yaitu Id, Ego, dan Superego pada tokoh utama Rere yang mengacu pada teori psikoanalisis Sigmund Freud. Selain itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana kondisi psikologis tokoh utama berubah akibat dari kejadian dan perlakuan anggota keluarganya di masa lalu. Secara teoritis, penelitian ini dapat menjadi referensi dan acuan untuk penelitian selanjutnya mengenai novel Re: (2014) karya Maman Suherman serta menambah pemahaman mengenai penelitian psikoanalisis Sigmund Freud.
A novel is one of the writer's means of expressing his ideas. It is also one of the literary works that are widely used to convey the author’s ideas because it includes characters, plots, and conflicts that are dense but can convey messages without rushing. The way the author conveys messages and the content of the work greatly influences the character of the characters created. This influence creates turmoil that shapes the personality of the characters he creates. The purpose of this research was to describe the personality structure of the main character of Maman Suherman’s novel entitled Re: (2014) by using Sigmund Freud’s psychoanalytic theory which consists of the Id, Ego, and Superego. This research was included in qualitative descriptive research using content analysis. The research data sources were from primary and secondary data in the form of the Re: (2014) novel by Maman Suherman and literature study by reviewing books, journals, and previous research reports. The result of this research was that there were personality structures of the Id, Ego, and Superego in the main character Rere which refers to Sigmund Freud’s psychoanalytic theory. In addition, the results of this study showed how the psychological condition of the main character changed caused by the events and treatment of her family members in the past. Theoretically, this research can be a reference for further research on the Re: (2014) novel by Maman Suherman and increase understanding of Sigmund Freud’s psychoanalytic research.
References
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta. CAPS (Center for Academic Publishing Service (PT. Buku Seru).
Hikma, Nur. 2015. “Aspek Psikologis Tokoh Utama Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow)“ Jurnal Humanika, No. 15, Vol. 3, Desember 2015 / ISSN 1979-8296. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/596/pdf (diakses pada 10 Oktober 2021).
Lestari Sri, dkk. 2016. “Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas” BASASTRA. Volume 4 Nomor 1, April 2016, ISSN 12302-6405. https://scholar.google.co.id/scholar_url?url=https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/viewFile/9982/7373&hl=id&sa=X&ei=V14yY76tIY3MyQSWlL2ICA&scisig=AAGBfm2OWKkbpoZgfs0DM21Z9V88II_JKg&oi=scholar (diakses pada 15 Agustus 2022).
Lubis, Fitriani. “Kajian Struktural Cerpen Kembang Mayang Karya Titie Said” Bahas, No. 90 Th XL ISSN : 085-8515 (2014), Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/1188/1/Fulltext.pdf (diakses pada 15 Agustus 2022).
Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pandanwangi, Wiekandini Dyah. 2020. “Moral Values of Rahwana’s Figure in Rahwana Putih Novel by Sri Teddy Rusdy”. Jurnal Ilmiah Lingua Idea. Vol. XX, No.2, Desember.http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jli/article/view/2670
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwanto, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saleh, Adnan Achiruddin. 2018. Pengantar Psikologi. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suherman, Maman. 2014. Re:. Jakarta: POP ( Imprint Kepustakaan Populer Gramedia).
Wellek, Rene dan Austin Warren. 2016. Teori Kesusastraan. (terjemahan oleh Melanie Budianta). Jakarta:Gramedia.
Wiyatmi. 2011. Psikologi Sastra Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta:Kanwa Publisher.
Nurhasanah, Elin. 2018. “Analisis Unsur Ekstrinsik Novel “Merry Riana-Mimpi Sejuta Dolar” Karya Alberthiene Endah dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia” Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Vol. 11No. 1 (2018): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2018
P., Esty D. "Problem Psikologis Paraga Utama Priya Sajroning Novel Kadurakan Ing Kidul Dringu Anggitane Suparto Brata." Jurnal Online Baradha, vol. 2, no. 3, 2014. https://www.neliti.com/id/publications/249245/problem-psikologis-paraga-utama-priya-sajroning-novel-kadurakan-ing-kidul-dringu#cite (diakses pada 24 November 2021)
Syifa’a Rachmahana, Ratna. 2008. “Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan” JurnaL El-Tarbawi NO. 1. VOL. I. 2008 https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/article/view/191/180 (diakses pada 10 Oktober 2021)
Wulandari, Ayu. "Kondisi Kejiwaan Tokoh Utama Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari: sebuah Tinjauan Psikologi Sastra." Suluk Indo, vol. 2, no. 1, 2013, pp. 374-381. https://www.neliti.com/id/publications/191293/kondisi-kejiwaan-tokoh-utama-novel-perahu-kertas-karya-dewi-lestari-sebuah-tinja#cite (diakses pada 10 Oktober 2021).
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.